Sosialisasi Pelaku Usaha Pariwisata di Kabupaten Humbang Hasundutan


Doloksanggul.

            Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan melalui  Dinas Pariwisata memberikan sosialisasi kepada para pelaku usaha dan pengusaha dari Kabupaten Humbang Hasundutan,  Selasa (11/7) bertempat di Aula Kapal Anugerah Soambotan, Dermaga Marbun Toruan Kecamatan Baktiraja. Sosialisasi itu menghadirkan 3 narasumber yang berkompeten di bidangnya yaitu Dosen Akademi Pariwisata Medan Mhd Hamdani, Edy Syaputra SH  dan Auditor Usaha  Pariwisata Friska E.K Harahap.

Hamdani mengatakan dalam sosialisasi yang dilaksanakan adalah seputar pengelolahan pariwisata dengan maksimal yaitu dengan memperhatikan kualitas, pelayanan, kompetensi dan sumber daya manusia (SDM).  Pelayanan yang baik perlu diperhatikan  dan mempertahankan para stakeholders dan para pelanggan agar tetap loyal. Memaparkan bahwa pelayanan memiliki 3 usur penting yaitu pertama people yang meliputi SDM  dimana pentingnya  keterampilan (skill),  pengetahuan (knowlwdge) dan sikap mental (attitude). Kedua, produk seperti makanan, kamar  dan fasilitas. Ketiga adalah service yang meliputi keamanan, ramah tamah dan keamanan.

            Sementara Edy Syaputra menghimbau bahwa pentingnya prospektif industri pariwisata dalam menyonsong era globalisasi yaitu dengan memberikan pembekalan kompetensi SDM kepariwisataan Kabupaten Humbang Hasundutan terhadap tantangan SDM pariwisata dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Edy juga memberikan pembekalan tentang konsep dan target pembangunan kepariwisataan Indonesia jangka menengah 2015-2019 dan tata kelola destinasi pariwisata (Destination Management Organization).

            Dalam sosialisasi itu, pengusaha dan para pelaku usaha di Kabupaten Humbang Hasundutan diberikan pembekalan tentang pentingnya SOP (Standar Operasional Prosedur) dan sertifikasi para karyawan agar dapat memberikan pelayanan maksimal bagi stakeholders.  Sosialisasi ini dilaksanakan guna memgembangkan dan melestarikan objek pariwisata yang ada di Kabupaten Humbang Hasundutan sehingga semakin dikenal oleh para wisatawan lokal dan mancanegara.

(Diskominfo)