Sosialisasi Kesadaran Bela Negara di Humbang Hasundutan


   Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor SE diwakili Sekdakab Saul Situmorang SE MSi secara resmi membuka sosialisasi kesadaran bela negara di Kabupaten Humbang Hasundutan bertempat di Pendopo Bukit Inspirasi Doloksanggul, Selasa (29/8).

  Dalam sambutannya, Sekda Saul Situmorang SE MSi menjelaskan amanat UUD 1945 perubahan keempat Pasal 30 ayat (1) dinyatakan “tiap-tiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam pertahanan dan keamanan negara, ayat (2) dinyatakan “usaha pertahanan dan keamanan negara dilaksanakan melalui sistem pertahanan  dan keamanan rakyat semesta oleh TNI dan Polri dan rakyat sebagai kekuatan pendukung.

Dalam UUD 1945 dengan maksud untuk lebih mengukuhkan keberadaan sistem pertahanan dan keamanan rakyat semesta, kedaulatan rakyat dan TNI serta Polri. Dalam usaha pertahanan dan keamanan negara makin dikukuhkan, dimana TNI serta Polri sebagai kekuatan utama dan rakyat sebagai kekuatan pendukung. Rumusan ini salah satu ciri khas sistem pertahanan dan keamanan Indonesia yang bersifat semesta, yang melibatkan seluruh warga negara, wilayah dan sumber daya nasional secara aktif, terpadu, terarah dan berkelanjutan.

 

   Atas dasar itulah, kegiatan sosialisasi kesadaran bela negara dimaksudkan untuk meningkatkan dan memantapkan pemahaman masyarakat khususnya pelajar dan pemuda tentang pentingnya kesadaran bela negara. Dengan tujuan agar nilai-nilai bela negara menjadi landasan sikap dan prilaku dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Melalui kegiatan ini diharapkan peserta sosialisasi menjadi kader penyebarluasan kesadaran bela negara dilingkungan masing-masing.

    Sekda Saul Situmorang SE mengajak masyarakat khususnya Humbang Hasundutan agar bergandengan tangan untuk menciptakan iklim yang kondusif dan nyaman. Sehingga bisa memberikan perekonomian kepada masyarakat. Apabila Humbang Hasundutan sudah kondusif dan nyaman, maka investor akan datang ke Humbang Hasundutan menanamkan modalnya. Aman dan kondusif itulah modal utama, tamu harus dihormati dan harus nyaman. Hindari menebarkan tentang kebencian ditengah-tengah masyarakat. Kalau tidak bisa membahagiakan jangan menyakiti orang lain.

 Khusus kepada pelajar, Sekda menghimbau agar benar-benar belajar, tuntutlah ilmu setinggi-tingginya. Ilmu kekuatan yang paling dahsyat menata hidup. “Untuk anak-anak kami siswa, sebagai generasi penerus bangsa, disamping menuntut ilmu, juga dapat menjadi lilin-lilin kecil ditengah-tengah keluarga, untuk membawa rasa persatuan berbangsa dan bernegara” ajak Sekda Saul Situmorang.

   Sosialisasi itu dihadiri Kasat Binmas Polres Humbahas AKP Jamal Sitorus, Pasiter Kodim 0210/TU Kapten Kav Sumarsono, Plt Kasi Intel Kejari Humbang Hasundutan Achmad Arzansah Akbar MH dan Debby Khristina SH sekaligus sebagai nara sumber. Para Pimpinan SKPD Pemkab Humbang Hasundutan,  OKP dan pelajar SMA/SMK juga hadir dalam sosialisasi itu.

(rhs/Diskominfo)